Selasa, 08 April 2014

Ketombe adalah masalah kulit kepala yang umum dialami baik cewek ataupun cowok. Perubahan cuaca ekstrim dan kurangnya kelembaban pada kulit kepala bisa jadi merupakan penyebab utama kamu mengalaminya. Ya, tentu cuaca bukan satu-satunya penyebab.
Menurut Dr Ilyse Lefkowicz, dermatologist and clinical instructor in the Department of Dermatology di Mount Sinai Medical Center New York, berikut beberapa hal efektif yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ketombe:
Tarik napas dalam-dalam dan rileks
Rasa cemas nggak cuma bikin kamu makin gelisah dan kesal. Menurut Dr Lefkowicz, stress juga bisa memicu gejala ketombe meningkat. Untuk itu, ketika sebuah permasalahan dari luar datang, pikirkan dengan pikiran tenang untuk mendapatkan solusinya. Bukan dengan berpikir keras yang akan menyebabkan timbulnya ketombe.
Beri pijatan di kulit kepala
cara menghilangkan ketombe
Kamu boleh bilang telah memilih shampoo anti ketombe yang tepat, tapi pertanyaannya apakah telah kamu gunakan dengan tepat pula? Ketombemerupakan masalah yang timbul di kulit kepala, jadi pastikan kamu memakainya langsung pada kulit kepala. Pijat dengan lembut supaya lebih meresap mengaplikasikan tonic khusus membantu mu menguatkan serta mengurangi kerontokan rambut dari akar, seperti dengan Pro Natrium Ginseng-nya.
Gunakan air hangat
Ingat, hangat bukan panas. Gunakan air hangat saat membilas rambut. "Air panas akan membuat kulit kepala teriritasi, sehingga berpengaruh pula pada kelembabannya," kata Dr Lefkowicz. Untuk itu, pastikan benar-benar kamu menggunakan air cukup hangat.
Jangan tidur dengan rambut basah
Mandi di malam hari memang cukup menyegarkan badan setelah seharian beraktivitas, tapi pastikan rambut mu benar-benar kering sebelum kamu menghempaskan tubuh di atas tempat tidur. "Suasana hangat dan lembab seperti inilah yang juga dapat memicu tumbuhnya ketombe," kata Dr Lefkowicz.(mh/lin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar